Mengatasi Gagal install Driver Printer Epson TX220

Assalamu'alaikum Wr Wb
04-11-2013, Kepala pusing gara-gara uang gajian tinggal dikit (padahal baru tgl 4) ditambah lagi saat ada client warnet yang mau ngeprint ternyata printer gak bisa, setelah saya lihat ternyata driver printer tidak terinstall mungkin gara-gara kemarin komputer kena virtus (virus maksudnya males ngapus :D).

Mungkin ada cara lain untuk mengatasi gagal install driver, postingan saya membahas bagaimana saya mengatasi masalah ini dengan cara yang saya temukan di google dan pastinya sudah saya coba dan sukses.
Sebelum saya bahas cara yang saya pake, saya akan bahas masalah apa saja yang saya temui.

Pertama saya coba install ulang driver yang ada pada komputer tapi tidak bisa (enggak tau kenapa) muncul pesan seperti dibawah ini. 

Pesan Error
pikir saya, gak bisa install soalnya mungkin ini driver untuk windows XP 64 bites. soalnya file setup nya ada tulisan x64 (lihat gambar). tapi sebelumnya printer bisa pake driver ini mungkin saya yang salah, untuk pesan error diatas saya nggak ngerti artinya (makanya cuma bisa menduga-duga saja :D).

temen saya datang (mantan penjaga warnet disini) pikir saya dia pasti bisa benerin masalah ini, soalnya dia kan pernah jaga disini. lalu saya minta dia bantu atasin masalah ini, setelah sekitar 40 Menit dia tangganin tapi tetep saja nihil. (saking pusingnya di google dia tulis "Printer Epson TX220 Jancok" wkwkwkwk #ngakakakaka) akhirnya dia nyerah lalu maen modo marble (monopoli online).

Kembali saya yang nanganin, saya coba download driver Epson TX220 for windows xp 32 bites lalu saya install, setelah saya tunggu dan ternyata belum bisa  (tambah pusing pastinya :D) muncul pesan seperti gambar dibawah,

Port usb printer tidak terdeteksi (mungkin :D) #gambar diatas saya ambil dari internet tapi intinya pesannya mirip kayak diatas
belum menyerah saya tanya lagi mbah google dan saya temukan cara untuk mengatasi masalah diatas yaitu add printer di Printers and Faxes

Add Printer
tapi saat saya klik add a printer muncul pesan error intinya print spooler tidak berjalan.
Pesan error


setelah saya googling lagi penyebab gagal install yang saya alami adalah Printer Spooler hilang (mungkin kena virus lalu terdelet antivirus)

cara mengetahui Printer Spooler hilang atau tidak jalan :

1. Klik start>run> ketik services.msc

2. Cari Print Spooler klik kanan dan pilih properties, jika Print Spooler tidak ditemukan kita bisa   
download di google, untuk windows xp 32bites klik disini untuk download

3. Setelah selesai download lalu import Print Spooler dari Regedit, caranya klik start>run ketik regedit lalu pada menu regedit pilih file lalu import, lalu browse dan cari dimana lokasi registri print spooler yang anda download tadi.

4. Kembali buka service.msc langkah seperti nomer 1. cari Print Spooler lalu klik kanan properties pada startup type pilih automatic kemudian klik start, jika tidak bisa di start seperti yang saya alami coba restart komputer lalu coba start lagi Print spooler lewat service.msc

Tapi jika cara diatas gagal seperti yang saya alami coba download Microsoft Fix It, untuk download klik disini. setelah download selesai coba jalankan Mocrosoft Fix It klik next setelah tunggu sampai program memperbaiki masalah setelah selesai muncul pesan untuk merestart komputer, klik restart.

jika cara diatas sudah dilakukan coba buka service.msc lalu cari print spooler, jika ketemu dan bisa dijalankan coba install lagi driver printer epson TX220.

Alhamdulillah dengan cara diatas printer warnet sudah bisa digunakan kembali.

Tampilan Setelah Driver Printer terinstal, Epson Ready


Sekian posting kali ini, inti dari masalah kali ini jangan pernah menyerah, terus berusaha dan jangan lupa berdo'a setelah semua teratasi jangan lupa ucap syukur pada Allah SWT.

Ketemu Masalah, Tambah ILMU Wassalamu'alaikum Wr Wb.



ads

Ditulis Oleh : Septian Hari: Senin, November 04, 2013 Kategori:

0 komentar:

Posting Komentar