Mengatasi Paper Jam pada Printer Epson

Assalamualaikum
Jum'at 24 Mei 2013, sebenarnya hari ini saya libur jaga warnet tapi dikarenakan rekan saya sedang ada urusan (kakaknya lamaran) ya akhirnya aku yang gantiin jaga, bolos kuliah juga akhirnya :D..
langsung aja pagi tadi ada yang minta di buatkan surat pengunduran diri, ane browsing aja cari contohnya, masalah timbul saat saya mau ngeprint tu surat eh ternyata indikator print berwarna merah dengan pesan ( Paper jam shutdown print ) waduh binggung saya, kabel power, usb saya coba restart tapi tetap saja masis erro ( paper jam ) yaudah saya bilang aja ke orang yang minta surat tadi kalo print rusak balik pulang dah tu orang.
saya pun penasaran, coba searching ane nemuin trik untuk paper jump. saya coba ikutin langkah-langkahnya tapi masih saja tetap gagal pesan error masih muncul dan minta di shutdown tu printernya, saya hampir nyerah tapi rasa penasaran saya yang memberi semangat harus bisa benerin tu printer.
sebenarnya saya tidak tahu cara mana yang paling efektif, karena saya tadi mencoba beberapa trik, yang saya ragukan apakah trik saya atau trik sebelumnya yang membuat print kembali normal.
ini trik yang saya pakai :
  1. Pastikan print dalam keadaan Off, lalu cabut kabel power dan usb pada printer.
  2. Ambil jika di printer masih ada kertas, lalu coba lihat tumpuan kertas bagian dalam apakah ada kertas yang tersangkut, jika bersih lanjut langkah selanjutnya.
  3. Colokkan kabel power dan hidupkan printer tekan tombol On lalu tekan stop/clear, muncul pesan Clear setting ? tekan start untuk memulai..
  4. Colokkan lagi kabel usb yang menghubungkan ke PC, jika tidak ada pesan error (Paper jam) coba test printer jika bisa selamat printer sudah normal.

dan untuk berjaga-jaga supaya printer tidak error (paper jam) saya ada beberapa trik kecil :
  1. Jangan terlalu banyak  memasukkan kertas pada paper tray dari kapasitas maksimal paper tray.
  2. Gunakanlah Kertas dengan kualitas baik dan tidak terlalu tipis / terlalu tebal.
  3. Jangan menambahkan kertas disaat Printer sedang melakukan pencetakan data.
  4.  Bila terjadi kertas macet saat ngeprint, usahakan mengambil kertas ke arah bawah, atau matikan printer lalu hidupkan lagi, biasanya printer akan mengeluarkan kertas secara otomatis.
 Sekian untuk postingan kali ini semoga bisa bermanfaat bagi yang membaca dan bermanfaat bagi saya untuk suatu hari.
Wasslamualaikum.

ads

Ditulis Oleh : Septian Hari: Kamis, Mei 23, 2013 Kategori:

7 komentar:

  1. saya punya printer l310 keluhan paper jam bukan kertasnya yang macet tp kertasnya keluar tanpa hurup jd paper jam.gmn cara solusinya gan makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama gan, ane di epson l360. ada pencerahan gan?

      Hapus
  2. Terima kasih atas saran dan pengalamnya dan sangat betmanfaat

    BalasHapus
  3. Cara atasi kertas macet/habis pda epson L360 gmna gan??

    BalasHapus
  4. tidak ada kertas yang nyangkut didalam , tetapi tetap PAPER JUMP

    BalasHapus
  5. This is such an uplifting and inspiring post, reminding us all that there's always a silver lining in every situation! Wow, I can't believe I didn't discover this auto clicker online sooner – it's a real time-saver!

    BalasHapus